Thursday, September 17, 2009

Benarkah Cewek Kurang Cerdas?

Tahukah kamu, ukuran otak memnentukan tingkat kecerdasan? Semakin besar otaknya, maka pemiliknyapun semakinn cerdas. Begitulah kenyataannya. Contohnya Einstein. Penelitian menunjukkan bahwa dibagian otak tertentu ukurannya lebih besar dibandingkan orang pada umumnya.

Baiklah, pertanyaannya adalah apakah otak cewek dan cowok berbeda besarnya dan siapa yang lebih besar dan siapa yang lebih cerdas diantara keduanya?

Penilitian menunjukkan, otak cowok memang lebih besar dibandingkan otak cewek.

Ukuran Perbandingan

Ukuran otak keseluruhan Cowok > Cewek

Ukuran belahan otak kanan Cowok > Cewek

Ukuran belahan otak kiri Cowok > Cewek

Ukuran otak abu-abu keseluruhan Cowok > Cewek

Ukuran otak putih keseluruhan Cowok > Cewek



Setelah dihitung rasio tinggi badan dan berat badan yang lebih tinggi dan lebih berat pada cowok memang lebih besar.

Jadi apakah disimpulkan bahwa cowok lebih cerdas daripada cewek? Ternyata tidak. Penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan cowok dan cewek relatif setara. Setiap kali dilakukan tes intelegensi untuk mengukur perbedaan itu, hasilnya selalu sama ; cewek dan cowok sama cerdasnya. Dengan kata lain, ukuran otak cowok yang lebih besar dari otak cewek tidak menyebabkan cowok lebih cerdas ketimbang cewek.

Pernah mendengar kemampuan matematika cowok lebih baik ketimbang cewek? Itu hanya mitos. Tidak ada bukti bahwa kemampuan cowok lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan universitas Wisconsin-Madison, Amerika Serikat terhadap 7 juta siswa menunjukkan bahwa kemampuan cowok dan cewek setara. Ironisnya, mitos bahwa cowok lebih baik telah begitu mempengaruhi cara pandang masyarakat dan guru, sehingga sering memperlakukan cowok dan cewek dengan cara berbeda. Mitos ini pula ujung-ujungnya membuat mitos lain bahwa cowok lebih cerdas ketimabng cewek. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa mitos tersebut banyak mempengaruhi kemampuan matematika kaum cewek karena mereka merasa bahwa kemampuan mereka memang lebih rendah dibandingkan cowok. Alhasil, usaha yang ditanamkan para cewek untuk bisa menguasai matematika menjadi kurang karena mereka percaya diri mereka tidak bisa sebaik cowok.

90 % profesor dibidang kimia, matematika, fisika dan teknik merupakan kaum cowok. Para pemenang nobel sepanjang sejarahnya cowok, ilmuwan terkemuka cowok (sebut beberapa nama ilmuwan cewek? Sangat lanka bukan?), dalam bidang bisnis dan politkpun sama. Kenapa ya?

Ternyata, Cowok lebih memiliki motivasi untuk berhasil dalam suatu bidang. Karna harga dirinya tergantung pada capaian-capaiannya. Nilai seorang cowok dalam masyarakat ditentukan oleh keberhasilannya. Disisi lain, kesempatan yang tersedia bagi cewek untuk menekuni bidang-bidang prestasi lebih terbatas, terkait dengan tugas biologisnya untuk mengandung dan menyusui, plus tugas sosialnya untuk mengasuh anak. Kesempatan yang diberikan orang tuapun lebih terbatas. Jika ada orangtua yang memiliki dua anak, satu cewek, satu cowok, dan mereka hanya memmiliki dana untuk menguliahkan 1 anak, maka yang akan dipilih adalah yang cowok. Itulah faktanya.

Jadi, apakah semata-mata ketimpangan tersebut karena perbedaan motivasi dan kesempatan? Sejauh ini jawabannya iya.
Sumber : Misteri Otak Cewek

No comments:

Post a Comment